Dekranasda Kota Singkawang Dipercaya Mengelola Mess Daerah Sebagai Galeri Ke-2

Pariwisata  MINGGU, 30 DESEMBER 2018 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Dekranasda Kota Singkawang Dipercaya Mengelola Mess Daerah Sebagai Galeri Ke-2

Foto/MC Singkawang

RMOLKalbar. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Singkawang dipercaya mengelola Mess Daerah Singkawang yang akan digunakan untuk membuka galeri ke-2.
Kita berikan kepercayaan kepada Dekranasda untuk mengelola Mess Daerah Singkawang,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bosni usai menyerahkan kunci Mess Daerah, Kamis (27/12).

Penyerahan kunci tersebut sebagai tanda bahwa Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga telah menyerahkan pengelolaan gedung Cagar Budaya tersebut kepada Dekranasda.

Bosni mengatakan untuk mewujudkan Singkawang sebagai Kota Pariwisata, diperlukan suatu sarana yang memadai dalam segala sarana dan prasarana, satu diantaranya sarana dalam mendapatkan oleh-oleh.

"Dengan dikelolanya Mess Daerah oleh Dekranasda, diharapkan selain mempermudah wisatawan mendapatkan oleh-oleh, Mess Daerah juga akan menjadi salah satu obyek daya tarik pariwisata di Kota Singkawang," ujarnya.

Bosni menegaskan dalam pengelolaannya, pihak Dekranasda wajib mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku, diantaranya tidak boleh merubah bentuk bangunan Mess Daerah karena gedung tersebut telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

"Mess Daerah salah satu Cagar Budaya yang ada di Kota Singkawang, sehingga pengelola tidak boleh merubah bentuk bangunan. Kewenangannya hanya mengelola dan memelihara saja," katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengungkapkan rasa syukurnya dengan kepercayaan yang diberikan oleh Disparpora Kota Singkawang. Juli bersedia untuk menaati peraturan sesuai perjanjian yang telah disepakati bersama.

"Kita akan jaga komitmen untuk taat aturan,” ungkapnya.

Juli menambahkan bahwa di Mess Daerah sudah tertata miniatur budaya tiga etnis, yaitu Tiong hoa, Dayak dan Melayu. Hal tersebut akan dijadikan sebagai daya tarik para wisatawan sekaligus kita akan tampilkan kerajinan-kerajinan khas Singkawang.

"Dengan begitu para wisatawan usai melihat budaya di Kota Singkawang langsung belanja di galery," tukasnya. [rah]


Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00