Sepucuk Harapan Dibalik Hari Disabilitas Internasional

kesehatan  SELASA, 04 DESEMBER 2018 , 07:15:00 WIB | LAPORAN: ABDULLAH YAMANI NOOR

Sepucuk Harapan Dibalik Hari Disabilitas Internasional

Ilustrasi/Net

RMOLKalbar. Tanggal 3 Desember dunia memperingati hari Disabilitas Internasional atau Internasional Day of Person with Disabilities. Hari disabilitas internasional ini diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1992 untuk meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas dan meningkatkan semangat dan kesadaran dari situasi sulit yang mereka alami.
Berdasarkan data dari PBB yang dikutip dari CNN, terdapat lebih dari 1 miliar orang di dunia hidup dengan disabilitas. Separuh dari penyandang disabilitas itu bahkan tidak mampu membayar perawatan kesehatan. Tahun ini PBB mengusung tema Memberdayakan dan Memastikan Inklusivitas dan Kesejahteraan Penyandang Cacat”.

Dibalik tema tersebut terdapat sebuah harapan di peringatan hari disabilitas ini, salah satunya datang dari aktivis mahasiswa dari Universitas Tanjungpura, Fahrul Huda yang menyatakan bahwa para penyandang disabilitas harus tetap tegar dalam menjalankan hidup karena setiap manusia dengan kondisi apapun pasti memiliki kelebihan. Banyak orang penyandang disabilitas yang berprestasi seperti beberapa waktu lalu di ajang Asean Paragames, Senin (3/12).

Harapan saya jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain, ukir sejarah dengan kemampuan yang dimiliki karena hidup tidak hanya sebatas fisik namun banyak hal.” ujar Fahrul Huda.

Dilain kesempatan Evi Dwi Lestari yang merupakan guru di salah satu sekolah di Kalbar berpendapat bahwa penyandang disabilitas harus bangkit sebab kekurangan bukanlah sebuah keterpurukan melainkan sebuah kelebihan dan bahkan mereka lebih baik dibandingkan orang yang tidak memiliki kekurangan fisik. [rah]



Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00