Mahasiswa Hukum Harus Memahami Bidang Profesinya

Pendidikan  SENIN, 03 DESEMBER 2018 , 21:37:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD HOTIP

Mahasiswa Hukum Harus Memahami Bidang Profesinya

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum UNTAN menggelar seminar profesi hukum dengan tema "Profesi Hukum dalam Pandangan Dunia Kerja bagi Sarjana Hukum" di Aula Fakultas Hukum UNTAN, Kota Pontianak serta dihadiri oleh 100 peserta dari kalangan mahasiswa, Sabtu (1/12).
Adapun yang melatar belakangi kegiatan ini, dikarenakan sering terjadinya kebingungan pada mahasiswa hukum dalam memahami profesi untuk nanti kedepannya. Hal ini disebabkan karena ketika mereka masuk sebagai mahasiswa hukum masih ada dari mereka masuk bukan karena kehendak darinya, melainkan adanya paksaan. Misalkan seperti adanya paksaan dari orang tua atau karena tidak ada pilihan lain.

"Dari ketidaktahuan tersebut maka kami dari BEM berinisiatif untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa hukum tentang keprofesian mereka. Biasanya kegiatan kami bentuknya sekolah kebangsaan atau teknik of trainer, tapi kali ini kita buat berbeda. Kita buat seminar keprofesian ini supaya tahu mahasiswa nantinya kalau lulus mau jadi apa," jelas Rahmadi selaku ketua panitia.

Menurutnya, objek yang ingin dituju pada umumnya adalah mahasiswa hukum, dan khususnya adalah mahasiswa baru. Pada dasarnya kegiatan ini untuk memberikan gambaran bahwa profesi hukum tidak terfokus hanya pada satu bidang. Melainkan dapat di berbagai bidang, misal seperti kejaksaan, pengadilan, notaris atau hakim.

"Peserta seminar profesi ini diharapkan dapat menambah ilmunya tentang keempat materi ini, dan juga mereka akan mendapatkan sertifikasi yang resmi dari dekan. Yang mana itu juga dapat dimanfaatkan  untuk lampiran ketika melamr pekerjaan kedepannya. Harapannya mereke bisa mengikuti dengan baik dan juga dapat mendalami apa yang disa disampaikan pemateri-pemateri yang sangat luar biasa ini," imbuhnya. [rah]

Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00