Makna dan Harapan dibalik Peringatan Hari Pohon Sedunia

Budaya  KAMIS, 22 NOVEMBER 2018 , 12:19:00 WIB | LAPORAN: ABDULLAH YAMANI NOOR

Makna dan Harapan dibalik Peringatan Hari Pohon Sedunia

Foto/Net

RMOLKalbar.  21 November diperingati hari pohon sedunia yang merupakan momentum untuk mengingatkan kita betapa pentingnya peranan dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia.
Seperti kita ketahui bahwa hutan menutupi 30 persen permukaan bumi dan diperkirakan setiap detiknya 1,5 hektar hutan didunia ditebang dengan berkurangnya kontribusi hutan sebesar 12-17 persen untuk emisi global gas rumah kaca setiap tahunnya. Dibalik itu semua terdapat makna dan harapan dibalik memperingati hari pohon sedunia.

Muhammad Nijam selaku aktivis mahasiswa dari Universitas Tanjung Pura berpendapat bahwa dengan adanya hari pohon sedunia, kita dapat menyadari bahwa keberadaan pohon merupakan keberlangsungan kehidupan di bumi dan seisinya. Rabu (21/11).

Dilain kesempatan Lazaro Kumala Dewi selaku duta anti narkoba memaknai peringatan hari pohon sedunia  sebagai suatu gerakan untuk menyelamatkan bumi.

"Keberadaan pohon dibumi sangat penting bagi kehidupan manusia terutama untuk mencegah pemanasan global dan bencana lainnya seperti tanah longsor. So, di hari peringatan pohon sedunia mari kita lakukan gerakan menanam pohon untuk menyelamatkan bumi kita." Ujarnya saat dihubungi Kantor Berita RMOLKalbar.

Tujuan diperingati hari pohon sedunia yaitu mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya. untuk memerangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik.

Muhammad Nijam berharap semakin hari semakin kita sadar dan menyadarkan sesama arti pentingnya pohon bagi kehidupan di bumi, dan mengajak anak-anak muda agar dapat merawat bumi ini dengan tau bahwa pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan.

"Yuk anak-anak muda kita bangkitkan lagi semangat dan kepedulian untuk menjaga serta melestarikan alam khususnya pohon. Lakukan penanaman pohon sebagai bukti nyata kepedulian kita terhadap kelestariannya, ini merupakan hal kecil yang berdampak besar hingga kegenerasi berikutnya.” tukas Lazaro. [mul]

Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00