20 Persen APBD Kalbar Akan Di Alokasikan untuk Pembangunan Desa

Daerah  SABTU, 17 NOVEMBER 2018 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: MULYADI AR

20 Persen APBD Kalbar Akan Di Alokasikan untuk Pembangunan Desa

Sutarmidji/Net

RMOLKalbar. Gubernur Kalbar, Sutarmidji memiliki komitmen terhadap pembangunan desa-desa yang ada di Kalbar.
Ia menyampaikan dihadapan ribu mahasiswa Budha se Indonesia dalam pembukaan Kongres X Hikmahbudhi, 20 persen dari Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD) khususnya anggaran belanja langsung akan dialokasikan langsung untuk pembangunan desa.

"Saya akan alokasikan 20 persen anggaran belanja langsung Provinsi Kalbar untuk desa, kita akan membangun desa dengan sinergi pemerintah pusat," ujar Sutarmidji saat membuka acara Kongres Hikmahbudhi di Maha Vihara Maitreya, Sabtu (17/11).
 
Midji menargetkan masa kepemimpinannya lima tahun kedepan, setidaknya 20 persen dari 2031 desa di Kalbar menjadi desa kategori mandiri

"Saat ini dari 2031 desa yang ada, hanya satu desa kategori mandiri, 566 desa sangat tertinggal, 865 desa tertinggal, 349 desa berkembang, 54 desa maju dan 196 desa belum masuk kategori," imbuhnya.

Memajukan Kalbar dengan daerah yang sangat luas tentunya perlu sinergi antar semua pihak. Membuka akses keterisoliran daerah sangat penting sehingga akses warga khususnya petani semakin lancar memnawa hasil kebun dan pertaniannya kepasar.

Beliau juga memberikan apresiasi dan berterimakasih pada anggota DPR RI, Daniel Johan yang telah banyak berbuat dibidang pertanian sesuai dengan komisinya yaitu komisi IV.

Ia menamahkan anggota DPR seperti Daniel lah yang didambakan, Daniel membawa program pertanian untuk membantu petani dan nelayan di Kalbar.

"Banyak program Pak Daniel Johan, selaras dengan visi dan misi kita dan kita harus sinergikan, agar semakin cepat pembangunan yang ada di Kalbar," tambahnya

Saat ini menurutnya bagaimana bisa meningkatkan nilai perolehan dari nilai tukar petani itu sendiri, supaya mereka bisa sejahtera.

Midji memberi apresiasi pada Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono, karena membuat Satgas desa mandiri.

Adanya Satgas desa mandiri, ia yakin akan mempercepat pembangunan yang ada. Ia mengharapkan pihak kepolisian dapat memaksimalkan perenan mereka. [mul]


Komentar Pembaca
Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00