Walikota Pantau Tes CPNS Singkawang

Daerah  JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 10:09:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD HOTIP

Walikota Pantau Tes CPNS Singkawang

Foto/Mc Singkawang

RMOLKalbar. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memantau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta CPNS yang dipusatkan di SMK Negeri 2 Singkawang, Kamis (15/11).
Seleksi SKD CPNS Kota Singkawang diikuti sebanyak 1.244 orang dan akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan, dari tanggal 15-17 November 2018.

"Berdasarkan hasil pemantauan saya, sepertinya harus dievaluasi karena untuk Kota Singkawang saja, pada seleksi gelombang pertama dari 120 peserta yang mengikuti tes, cuma ada satu orang saja yang dinyatakan lulus Passing Grade," kata Tjhai Chui Mie.

Sehingga, dirinya selaku Kepala Daerah menginginkan agar pemerintah pusat bisa melakukan evaluasi agar penerimaan CPNS untuk tahun berikutnya.

"Dan yang sudah melaksanakan tes ini, mungkin ada kebijakan-kebijakan lain dari pemerintah pusat sehingga formasi yang diberikan untuk Singkawang bisa terpenuhi," ujarnya.

Secara umum, memang banyak peserta yang lolos dalam pencapaian nilai Passing Grade. Namun, kalau dilihat secara per item, seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) banyak peserta yang tidak lolos.

"Sehingga kita berharap ada kebijakan seperti apa yang bisa diambil pemerintah pusat supaya berapa jumlah tenaga yang diperlukan untuk Kota Singkawang nantinya bisa terisi," ungkapnya.

Bahkan, katanya, banyak dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang mengeluhkan Passing Grade, karena banyak peserta yang tidak lolos.

Tak hanya kepada pemerintah pusat yang ditekankannya, bahkan dirinya pun selaku kepala daerah juga akan melakukan evaluasi terkait penerimaan CPNS kedepannya.

"Mungkin kedepannya para pelamar akan kita beri semacam pembekalan sebelum mengikuti tes. Kemudian ada pembimbingnya mengenai soalnya nanti seperti apa, dan caranya nanti bagaimana. Ibarat anak sekolah sebelum ujian dilatih melalui Try Out (TO) dan semacamnya," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00