KPK Bakal Panggil Boediono Dan Sri Mulyani?

Hukum  RABU, 14 NOVEMBER 2018 , 10:56:00 WIB | LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK

KPK Bakal Panggil Boediono Dan Sri Mulyani?

Febri Diansyah/RMOL

RMOLKalbar. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serius membuka penyelidikan baru kasus dugaan korupsi dana talangan Bank Century Rp 6,7 triliun. Selain Miranda Goeltom pejabat Bank Indonesia ketika dana talangan dikucurkan pada 2008 bakal digarap lembaga anti rasuah.
"Dalam minggu ini dan minggu depan akan ada beberapa pihak lagi yang akan dimintakan keterangan dari (pihak) Bank Indonesia," kata Jurubicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (13/11).

Febri tidak merinci siapa dan urutan bekas pejabat BI yang bakal diminta keterangan. Yang pasti pejabat BI saat bailout dikucurkan adalah Boediono selaku gubernur BI, Budi Mulya selaku deputi pengelolaan moneter dan devisa, Miranda Swaray Goeltom selaku deputi gubernur senior, Muliaman Dharmansyah Hadad selaku deputi bidang kebijakan perbankan/stabilitas sistem keuangan, Siti Chalimah Fadjrijah selaku deputi gubernur pengawasan bank umum dan bank syariah, dan Budi Rochadi selaku deputi bidang sistem pembayaran, pengedaran uang, BPR, dan perkreditan. Dua nama terakhir sudah meninggal dunia.

Miranda sendiri menjalani pemeriksaan penyelidik KPK siang tadi kurang dari 2 jam lamanya. Ia tiba di Gedung Merah Putih pukul 09.30 WIB dan keluar sekitar pukul 11.10 WIB. Dia mengaku dimintai klarifikasi soal prosedur-prosedur pengambilan keputusan bailout Century.

Pemeriksaan saksi bakal dilakukan marathon. Selain bekas pejabat BI, sejumlah nama sudah masuk daftar yang bakal diperiksa KPK selama dua minggu ke depan. Yang pasti babak baru penyelidikan dilakukan setelah Budi Mulya divonis 15 tahun penjara karena terbukti bersalah dalam kasus Century.

"(Memeriksa juga) pihak yang terkait (lainnya)," kata Febri yang juga tidak merinci nama lain yang bakal dipanggil antara lain Sri Mulyani yang saat bailout dikucurkan menjabat Menteri Keuangan dan Ketua Komite Stabilisasi Sektor Keuangan. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00