Trisula Pengabdian Dan Makna Pahlawan Era Kekinian

Lifestyle  SABTU, 10 NOVEMBER 2018 , 14:01:00 WIB | LAPORAN: ASEP SUNANDAR

Trisula Pengabdian Dan Makna Pahlawan Era Kekinian

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Di masa kini, pahlawan adalah orang yang berjasa dalam mempertahankan dan membangun kemajuan bangsa. Selain itu, setiap insan yang memiliki niat menjaga kesatuan semua golongan, suku dan kelompok dalam rumah besar bangsa ini juga layak disebut pahlawan.
"Semua Insan dan jiwa di negara ini pada dasarnya berjasa terhadap bangsa ini," ujar Ketua Generasi Muda Pejuang Siliwangi Indonesia (Gemapsi) Kota Depok, Ade Hukmawan di kawasan Limo, Kota Depok, Sabtu (10/11).

Menurut Ade, orang yang memiliki suatu keahlian khusus dan mau menerapkan ilmu yang dimilikinya untuk kepentingan bangsa dan negara juga layak disebut pahlawan.

"Sekarang kita harus bisa berkontribusi secara optimal dalam semua bidang. Sehingga bisa menjadi seorang pahlawan dalam bidang-bidang yang ada dalam kehidupan masyarakat," paparnya.

Selain itu, jangan sampai peperangan dalam konteks kekinian disalahartikan dengan perbuatan yang tidak mencerminkan sikap bela negara. Dia pun berharap agar masyarakat waspada terhadap paham yang ingin merongrong kedaulatan NKRI.

Menurutnya, pahlawan saat ini bila merujuk pada keadaan sosial dan ekonomi adalah mereka yang berperang melawan kemiskinan. Bukan adu gagah ingin berperang dalam arti sesungguhnya. Karena, negara tidak dalam kondisi darurat perang. Melainkan, jihad dalam makna upaya perbaikan di berbagai bidang. Baik di pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi dan ummat.

"Makna pahlawan sesuai dengan masanya saat ini, yaitu dalam bentuk pengabdian. Dengan melaksanakan Trisula Pengabdian: Demi Tuhan, demi lingkungan dan kemanusiaan. Sesuai amanah dan pesan dari pendahulu bangsa dengan melaksanakan prinsip silih asih, silih asah, silih asuh dan Siliwangi," tandasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00