Pemkot Pontianak Gelar Upacara Hari Pahlawan

Daerah  JUM'AT, 09 NOVEMBER 2018 , 18:52:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Pemkot Pontianak Gelar Upacara Hari Pahlawan

Foto/Humas

RMOLKalbar. Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Sabtu (10/11), secara serentak akan dilaksanakan hening cipta selama 60 detik di seluruh Indonesia. Di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, mengheningkan cipta dilakukan bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Wali Kota Pontianak.
Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Suhra Wardi mengatakan, mengheningkan cipta ini serentak dimulai pukul 08.15 WIB. Dilaksanakan pada saat upacara bendera.

"Selama mendengar bunyi sirine sebagai tanda dimulainya mengheningkan cipta, segala aktivitas harus dihentikan sejenak,” ujarnya, Jumat (9/11).

Selain tempat digelarnya upacara, titik-titik berlangsungnya hening cipta adalah di pasar, stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan udara, pelabuhan laut dan tempat keramaian lainnya.

Hening Cipta juga dilakukan di rumah, jalan raya (dalam kota), kantor, sekolah dan pabrik yang tidak terlibat pada upacara bendera, dalam kendaraan umum atau pribadi yang berada di jalan raya (dalam kota) agar menghentikan kendaraannya, kapal laut (diumumkan oleh nahkoda kapal), pesawat terbang (diumumkan oleh pilot), dan kereta api (diumumkan oleh Ketua Regu yang ada di dalam gerbong restorasi).

Hari Pahlawan, lanjutnya, adalah momentum yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan, serta para pendiri Republik Indonesia.

"Luangkan waktu kita mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan,” pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00