APK Para Caleg Mulai Menjamur

Politik  RABU, 07 NOVEMBER 2018 , 20:57:00 WIB | LAPORAN: MULYADI AR

APK Para Caleg Mulai Menjamur

Irwan M R/Net

RMOLKalbar. Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu mulai tampak dipasang oleh para peserta pemilihan legislatif di sejumlah pertigaan dan perempatan jalan Kota Pontianak.
Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Kota Pontianak terdapat beberapat beberapa peserta pemilu memasang APK yang tidak sesuai dengan ketentuan dan dipasang dilokasi yang tidak diperkenankan.

Anggota Bawaslu Kota Pontianak Irwan Manik Radja mengatakan beberapa APK peserta pemilu yang sudah terpasang memiliki ukuran yang tidak sesuai, dan jumlah serta jarak pemasangan antar APK yang begitu dekat sehingga terkesan mengganggu keindahan kota.

"Kalau dilihat dari jalan udah banyak neh jarak pemasangan APK tidak sampai satu meter. Hal tersebut sudah kita jadikan temuan dan sudah diproses. Kemungkinan Jumat sudah sampai ke kecamatan," ujarnya, Rabu (7/11)

Ia mengatakan untuk penanganan temua terkait APK akan ditangani langsung oleh petugas pengawas di kecamatan. Begitupun dengan rekomendasinya juga akan disampaikan oleh pengawas kecamatan.

Bawaslu Kota Pontianak juga menyoroti soal pemasangan billboard yang berisi gambar caleg di lokasi-lokasi yang terlarang seperti jalan Gajahmada, jalan Ayani, jalan Tanjung Pura, dan jalan Pahlawan.

"Di bilboard itu juga sudah ada yang masang dan sudah kita masukan kedalam temuan dan saat ini sedang dalam proses dan akan dikeluarkan rekomendasi ke KPU," imbuhnya.

Irwan mengatakan untuk bilboard di sepanjang jalan gajahmda dan didepan pasar flamboyan itu memang dilarang digunakan untuk memasang APK, menurut Irwan seluruh peserta pemilu dinilainya sudag mengetahui hal tersebut, meskipun berbayar.

"Maksimal untuk APK para caleg itu hanya 4x7 meter. Sementara bilboard yang ada saat ini tidak ada yang berukuran 4x7 meter pasti lebih, oleh karena itu kita akan jadikan temuan karena telah memenuhi unsur pelanggaran," jelasnya. [mul]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00