MDMC Menjadi Nominator Dalam Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2018

Daerah  KAMIS, 01 NOVEMBER 2018 , 16:42:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

MDMC Menjadi Nominator Dalam Penganugerahan Penghargaan Ormas Tahun 2018

Denny Haryanto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. MDMC mendapat kesempatan menjadi Nominator Anugerah Penghargaan Ormas 2018 untuk kategori Bidang  Penanggulangan Bencana oleh Kementerian Dalam Negeri RI pada 5 November 2018 mendatang, berdasarkan lampiran surat undangan nominator Kegiatan Forum Komunikasi dan Koordinasi Nasional dan Regional antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Ormas. Hal ini disambut dengan suka cita oleh MDMC Kalbar, Kamis (1/11).
Penanggulangan bencana menjadi salah satu bagian dari pengaplikasian semangat menolong kesengsaraan umum dalam kehidupan nyata. Maka itu, Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (MDMC) dirintis tahun 2007, dibentuk secara khusus pasca Muktamar tahun 2010 lalu.

Sekretaris MDMC Kalbar, Denny Haryanto, S.E mengatakan bahwa hingga saat ini MDMC telah berdiri di 20 provinsi dan siap melakukan tindakan penanggulangan bencana secara cepat tanpa melihat latar belakang korban bencana. Karena pada dasarnya setiap manusia wajib ditolong meskipun memiliki perbedaan ras dan agama.

Saat ini, MDMC Kalbar fokus pada peningkatan kapasitas kemampuan dan sertifikasi relawan tanggap bencana. Pasalnya hal tersebut sangat penting agar relawan yang bertugas di lapangan dapat menjalankan perannya dengan baik tanpa menimbulkan risiko atau bahaya bagi diri mereka sendiri.

Untuk di pusat sekarang, MDMC memiliki 150 pelatih dan relawan penanggulangan bencana yang sudah memiliki sertifikat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mereka terdiri dari berbagai macam cluster. Termasuk relawan community development yang bertugas mendampingi pemulihan ekonomi masyarakat korban bencana.

"Alhamdulillah, MDMC mendapat Nominasi dalan Penganugerahan Penghargaan Ormas 2018 oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Semoga semakin berkah dan bermanfaat bagi NKRI dan umat. Semua karena kerja keras relawan dan kerjasama serta dukungan dari semua Majelis dalam Muhammadiyah, Ortom Muhammadiyah, Pimpinan di Wilayah sampai dengan Ranting, Pimpinan AUM dan lainnya. Masih banyak perbaikan yg hrs dilakukan," ungkapnya kepada Redaksi RMOLKalbar.

Namun demikian, sekarang gerakan MDMC lebih fokus pada pengurangan risiko bencana. Maka itu MDMC membuat divisi khusus bernama Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiagaan (PRBK). Lebih baik mencegah bencana dari pada melakukan penanggulangan saat bencana sudah terjadi.

"Semoga makin berkah dan bermanfaat bagi NKRI dan umat. Semua karena kerja keras relawan dan kerjasama serta dukungan dari semua Majelis dalam Muhammadiyah, Ortom Muhammadiyah, Pimpinan di Wilayah sampai dengan Ranting, Pimpinan AUM dan lainnya. Masih banyak perbaikan yang harus dilakukan," tukasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00