Sutarmidji: Kita Akan Jadikan Hasil Kerajinan Sebagai Produk Berintegritas Tinggi

Ragam  SELASA, 30 OKTOBER 2018 , 12:19:00 WIB | LAPORAN: MULYADI AR

Sutarmidji: Kita Akan Jadikan Hasil Kerajinan Sebagai Produk Berintegritas Tinggi

Sutarmidji/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat Periode 2018-2023 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (30/10).
Kehadiran istri dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dalam pengukuhan pengurus ini merupakan agenda kunjungan kerja. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kalbar Lismaryani Sutarmidji.

Kegiatan juga akan diisi dengan dialog dan audiensi Dekranasda Kalbar bersama Mufidah Jusuf Kalla dengan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Kalbar dan perwakilan para pengrajin unggulan daerah.

Pengukuhan juga disaksikan oleh Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji, unsur Forkompinda Kalbar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan undangan lainnya.

Gubernur Kalimantan Barat mengatakan, kunjungan Mufida Kalla merupakan bentuk perhatian besar Pemerintah Pusat (Pempus) terhadap para pengrajin di Kalbar.

"Semoga lewat kunjungan ini dapat meningkatkan motivasi para pengrajin. Kita harap dapat meningkatkan daya saing di tingkat lokal, nasional dan internasional," ujarnya.

Sutarmidji menambahkan kerajinan merupakan bagian dari upaya peningkatan pendapatan keluarga. Berbagai etnis yang ada di Kalbar, tentu membuat kerajinan yang dihasilkan semakin bervariasi.

"Kita akan jadikan hasil kerajinan itu sebagai produk berintegritas tinggi. Nantinya akan terintegrasi dalam sistem pemasaran digital yang akan kita buat tahun 2019," imbuhnya.

Sebagai komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar terhadap produk-produk pengrajin, Gedung Dekranasda akan dibangun lebih representatif dari bangunan sebelumnya.

"Gedung Dekranasda Kalbar akan jadi pusat display pemasaran produk para pengrajin Kalbar," jelasnya.

Pemprov Kalbar, kata dia, selama ini telah membantu para pengrajin agar survive. Satu diantaranya bekerjasama dengan Bank Indonesia melalui program inkubator bisnis yang telah menghasilkan pelaku usaha baru di kerajinan.

"Semoga ini terus berkembang, kami akan wujudkan harapan Bu Mufidah bahwa kerajinan membawa manfaat bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Kami akan wujudkan program Pemerintah Pusat. Semoga ini jadi momentum peningkatan kerajinan di Kalbar," tukasnya [mul]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00