Mochammad Afifuddin: Bawaslu Hanya Punya Mandat Melatih Saksi Pemilu

Politik  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 14:32:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANPUTRA

Mochammad Afifuddin: Bawaslu Hanya Punya Mandat Melatih Saksi Pemilu

Foto/Net

RMOLKalbar. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Mochammad Afifuddin menegaskan tugas Bawaslu hanya melatih saksi untuk kepentingan pemilu 2019. Hal ini sesuai aturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
"Kami hanya mempunyai mandat melatih saksi. Kalau UU mengamanatkan melatih saksi dan kami akan menjalankan amanat UU," kata Afifuddin di kantor Bawaslu, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (18/10).

Pernyataan tersebut menanggapi usulan Komisi II DPR RI mengenai dana saksi Pemilu 2019 ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah dan bukan dibebankan ke partai politik.

Usulan itu muncul lantaran Komisi II menilai tidak semua partai politik peserta Pemilu mempunyai dana yang cukup untuk membiayai saksi.

Sampai saat ini, Afifuddin mengaku pihaknya belum membahas mengenai pengelolaan dana saksi pemilu 2019 oleh pemerintah. Namun, kata dia, terdapat kecenderungan usulan itu ditolak.

Pada rapat dengar pendapat sebelumnya, Afifudin menegaskan hasil RDP hanya menyampaikan DPR meminta pemerintah membiayai dana saksi. Tetapi, kata dia, tidak ada klausul dana saksi dikelola Bawaslu.

"Dalam posisi belum membahas hal itu meski kecenderungannya menolak untuk mengelola dana saksi," kata Afifuddin.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI mengusulkan dana saksi Pemilu 2019 ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah dan bukan dibebankan ke partai politik. Usulan tersebut muncul lantaran Komisi II menilai tidak semua partai politik peserta Pemilu punya dana yang cukup untuk membiayai saksi.

Dana saksi tersebut, nantinya bisa dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) dan telah disetujui oleh 10 fraksi DPR. Komisi II juga sudah mengajukan anggaran tersebut ke Badan Anggaran (Banggar) DPR. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00