Washing Plant di UBPB Tayan Mampu Cuci Ratusan Ton Material Bauksit Per Jam

Ekbis  RABU, 17 OKTOBER 2018 , 06:42:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Washing Plant di UBPB Tayan Mampu Cuci Ratusan Ton Material Bauksit Per Jam

Foto/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Washing Plant adalah tahapan untuk membersihkan material bauksit dari pengotor, yang ditujukan agar dapat meningkatkan kualitas dari bauksit.
Wiwit Setiyawan selaku Quality Control Manager memaparkan bahwa saat ini PT. ANTAM (Persero) Tbk. UBPB Tayan memiliki 2 unit Washing Plant yang aktif beroperasi, Selasa (16/10).

"Washing Plant yang pertama memiliki kapasitas pencucian sebanyak 70 ton per jam. Sedangkan, Washing Plant yang kedua memiliki kapasitas pencucian sebanyak 250 ton per jam. Jika kedua Washing Plant dioperasikan secara bersamaan, maka total kapasitas pencucian material bauksit mampu mencapai 320 ton per jam," imbuhnya.

Material bauksit setelah melalui proses menggunakan Washing Plant, volumenya akan menyusut sampai dengan 50% dari volume semula.

"Hasil dari Washing Plant dikumpulkan menjadi beberapa tumpukan. Porositas material bauksit yang tinggi menyebabkannya lebih cepat kering. Jika tumpukan tersebut terkena guyuran air hujan, justru semakin membantu secara tidak langsung dalam pencucian material bauksit dari pengotor, sehingga bisa semakin bersih," lanjutnya.

"Ukuran material bauksit bisa disesuaikan berdasarkan permintaan pasar. PT. Indonesia Chemical Alumina (ICA) yang berlokasi juga di Tayan, sering memesan material bauksit mulai dari ukuran 2 milimeter sampai dengan 5 centimeter," tukasnya. [rah]



Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00