Keprihatinan Pemuda Muhammadiyah Kalbar Terhadap Karhutla

Tokoh  SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 16:00:00 WIB | LAPORAN: BENY KAWISTORO

Keprihatinan Pemuda Muhammadiyah Kalbar Terhadap Karhutla

Fathul Khair/RMOLKalbar

RMOLKalbar. Keadaan akhir-akhir ini khususnya keadaan di Provinsi Kalimantan Barat sungguh memperhatikan dengan adanya asap tebal yang menyelimuti Kalimantan Barat tentu ini menimbulkan sebuah ketidaknyamanan bagi masyarakat di Kalimantan Barat khususnya dan tidak menutup kemungkinan akan juga berakibat mengganggu ketidaknyamanan pada daerah-daerah lainnya terutama di negara tetangga kita yaitu di Malaysia.
Hal ini sungguh miris dan harus menjadi bahan introspeksi diri bagi kita untuk saling mengingat saling mengingatkan bahwa akibat bencana asap tebal ini tidak ada kata lain melainkan karena perbuatan kita sendiri selaku manusia yang kurang beradab kepada lingkungan sehingga lingkungan tersebut memberikan sebuah dampak negatif kepada kehidupan sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya "Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Allah memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut dan berharap Sesungguhnya Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik".

Wakil Ketua PWPM Kalbar mengatakan, inilah yang harus kita sadari bersama bahwa kerusakan lingkungan pasti karena keteledoran kita selaku manusia. Terkait pemicu dengan adanya asap tebal ini tentu banyak hal yang menyebabkan salah satunya adalah pembakaran lahan tentunya baik itu disengaja maupun tidak disengaja tentu ini perlu sebuah ketegasan bagi pemerintah daerah, artinya bukan hanya tegas secara hukum tetapi juga harus tegas menjaga merawat melindungi lahan-lahan hutan yang ada di Kalimantan Barat. Sehingga ada sebuah antisipasi bagi pemerintah daerah terkait timbulnya asap yang ada di Kalimantan Barat.

"Jangan sekedar menegakkan hukum tapi tidak ada ketegasan dalam merawat dan melindungi lahan lahan hutan yang ada di Kalimantan serta tegas dengan memberikan sebuah pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana cara memanfaatkan lahan dan memberikan sebuah pemahaman kepada masyarakat tentang dampak pembakaran lahan yang semaunya sendiri alias tanpa aturan" ujar Fathul Khair selaku Wakil ketua PWPM, Senin (20/8).

Harapan Fathul Khair kepada pemerintah daerah, untuk secepatnya mengantisipasi asap tebal yang ada di Kalimantan Barat ini. Karena sudah banyak dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat terkait asap tebal ini, salah satunya anak-anak kecil terkena sesak nafas yang sekarang banyak masuk rumah sakit, orang orang tua banyak takut yang keluar rumah karena merasa khawatir tentang kondisi kesehatannya, bahkan ada sebagian masyarakat yang susah bekerja karena sakit diakibatkan dampak dari asap tebal ini.

"Pemuda Muhammadiyah siap untuk bekerja sama dengan institusi manapun terkait dampak asap ini kalau memang dibutuhkan dan akhirnya kami impian wilayah Pemuda Muhammadiyah selalu mendukung terhadap pemerintah daerah untuk segera menuntaskan asap tebal ini", tukasnya. [mul]

Komentar Pembaca
Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00