Pj Gubernur Puji Kerukunan Umat Beragama Di Kalbar

Daerah  SELASA, 03 JULI 2018 , 23:35:00 WIB | LAPORAN: AKHMAD HOLILI

Pj Gubernur Puji Kerukunan Umat Beragama Di Kalbar

Foto/Net

RMOLKalbar. Pj Gubernur Kalbar (Drs. Dodi Riyadmadji, MM) memuji toleransi umat beragama di Provinsi Kalbar karena dirinya mengunjungi Kabupaten/Kota di Kalbar, termasuk Kabupaten Mempawah. Dengan menyaksikan sendiri bahwa masyarakat Kalbar yang dikenal multi kultural dan multi etnis serta perbedaan agama yang dianut, dapat hidup rukun dan berdampingan dengan leluasa menjalankan agama dan keyakinan yang dimilikinya.
Semoga kehidupan masyarakat Kalbar khususnya masyarakat Kabupaten Mempawah yang agamis dan harmonis ini dapat terus dipelihara dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama masyarakat di Kalbar,” ujarnya Senin (2/7) saat penyerahan piala bergilir Juara Umum MTQ dari Bupati Kubu Raya kepada Pj Gubernur Kalbar untuk diserahkan kepada Bupati Mempawah dan diperebutkan pada MTQ Ke 27 Tingkat Provinsi Kalbar di Mempawah.

Pj Gubernur menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, pihak keamanan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan pemuda maupun seluruh unsur lapisan masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam menjaga situasi kemanan selama menjelang Pilkada kemarin sehingga Pilkada di Kalbar dapat berjalan dengan aman, damai dan sukses sesuai dengan Program Tri Sukses” yang saya bawa yaitu Sukses Pilkada, sukses Penyelenggaraan Pemerintahan dan Sukses Pertumbuhan Ekonomi sebagai upaya kita bersama untuk memajukan Provinsi Kalbar menjadi daerah yang semakin aman, damai dan sejahtera.

Semua ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak. Saya
sampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada kita semua yang telah berpartisipasi dalam mendukung segala program Pemprov Kalbar,” jelasnya.

Jangan sampai terjadi kegaduhan dan hal-hal yang tidak dinginkan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terjaga dengan harmonis,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) disamping sebagai ajang kontestasi seni baca dan hafalan Kitab Suci Al-Qur’an sesungguhnya memiliki tujuan mulia yang belum banyak dipahami oleh masyarakat kita, dan tujuan mulia tersebut adalah memelihara kesucian Al-Qur’an dan mengembangkan syiar Islam yang dapat membawa manfaat dan kemaslahatan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai universal Islam secara damai ditengah-tengah masyarakat.

Kita ingin memperkokoh nilai-nilai universal itu sebagai landasan dalam mewujudkan daerah kita, sebagai daerah dengan semangat toleransi di kalangan umat beragama,” imbuhnya.

Pada hakekatnya Kitab suci Al-Qur’an tidak hanya berisi prinsip-prinsip keimanan, tetapi juga sumber nilai-nilai universal, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan, yang dikemas dengan bahasa yang indah dan penuh dengan filosofi keteladanan, serta pesan moral yang luhur dan agung.

Al-Qur’an telah memberi tuntunan kepada umat manusia di muka bumi ini, untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi, dan hidup dalam damai. Al-Qur’an mengajarkan umat manusia untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak saling membenci. Al-Qur’an mengajak manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kemungkaran dan kejahatan,” ingatnya.

Momentum MTQ ini membuktikan bahwa diantara kita umat pemeluk agama yang berbeda dapat saling mendukung dan saling bekerjasama dalam kebaikan sesuai dengan peran dan tugas kita masing-masing,” pungkasnya.

Dengan tema Melalui MTQ Ke 27 Tingkat Provinsi Kalbar di Mempawah Tahun 2018 Kita Wujudkan Kedamaian dan Keharmonisan Masyarakat Kalbar, menurut pandang Pj Gubernur Kalbar sangat tepat untuk menggambarkan makna sesungguhnya kegiatan MTQ sebagai sebuah kegiatan keagamaan yang melibatkan kebersamaan seluruh komponen masyarakat tanpa
memandang agama.

Penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Mempawah ini tentu memiliki makna tersendiri bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mempawah, karena kabupaten Mempawah sangat sarat dan kental dengan nuansa Islami, kesempatan ini juga tentunya merupakan peluang bagi Kabupaten Mempawah untuk menampilkan potensi Kabupaten Mempawah kepada khalayak luas, tidak saja potensi dibidang Tilawatil Quran, tetapi juga potensi-potensi lainnya yang dimiliki, termasuk pula seni, budaya dan sejarahnya. [rah]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00