Pj Gubernur Papua Puji Kesuksesan Festival Danau Sentani 2018

Pariwisata  SENIN, 25 JUNI 2018 , 05:55:00 WIB

Pj Gubernur Papua Puji Kesuksesan Festival Danau Sentani 2018

Foto/RMOLPapua

RMOLKalbar. Gubernur Papua memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) 2018. Kedepan diharapkan promosinya lebih ditingkatkan sehingga memberikan dampak yang baik bagi pembangunan di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya.
"Saya menilai pelaksanaannya cukup bagus karena memang terencana. Selain itu sinergitas antara institusi juga terlihat baik. Ini harus dipelihara dan dikembangkan," ujar penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, usai menutup pelaksanaan FDS XI 2018, di Khalkote Sentani Timur Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/6) malam.

Soedarmo berharap kepanitian FDS bisa melibatkan tidak hanya orang-orang di provinsi tetapi juga dari pusat. Dirinya mencontohkan pelaksanaan SEAL Raja Ampat, Bunaken dan sebagainya. Selain soal kepanitian, dia meminta promosi FDS harus ditingkatkan.

"Tanpa promosi, bisnis pariwisata tidak akan maju. Malaysia dan Thailand contohnya, potensi wisatanya kalah jauh dari Indonesia, tapi karena promosinya bagus, wisatawan mancanegara banyak yang kesana," pintanya.

Selain itu, tambah Soedarmo, soal keamanan, ketertiban dan kenyamanan juga harus diperhatikan. Kesiapan masyarakat menerima wisatawan juga harus dilatih. Masyarakat harus santun, murah senyum, tidak melakukan provokasi, trik penipuan dan harus tonjolkan kejujuran.

"Hal ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Pariwisata, tapi harus oleh semua pihak dan saling bersinergi. Harus ada sinergitas semua pihak," tandas Soedarmo.

Sementara Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw dalam sambutannya memberi penghargaan kepada semua pihak yang sudah mensukseskan kegiatan FDS XI. Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf bila terjadi hal-hal yang tidak berkenan bagi para pengunjung dan wisatawan.

Menurutnya, akibat peralihan tanggung jawab pelaksana FDS dari Pemerintah Daerah kepada pihak ketiga, sehingga terjadi sejumlah hal yang tidak terkoordinasi dengan baik. Ia berharap penyelenggaraan FDS kedepan bisa semakin ditingkatkan kualitasnya dengan belajar dengan kekurangan.

Dari pengamatan Kantor Berita RMOLPapua, tiga hari pelaksanaan FDS diisi tarian adat asal suku Sentani, ritual pembuatan perahu tradisional, dan tradisi kebudayaan yang ada di Kabupaten Jayapura. Masyarakat menyambut hangat kegiatan ini. Bahkan souvenir-souvenir khas Papua, body painting dari sejumlah pengukir diserbu para pengunjung.

FDS makin meriah dengan hadirnya grup music Papua Original yang membawa lagu-lagu kenangan dari Black Brothers dan lagu khas Papua lainnya. Bahkan hingga malam penutupan FDS di Khalkote Sentani Timur,  ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura hingga Kabupaten Keerom tumpah ruah di lokasi FDS menikmati pemandangan danau sentani, tarian adat dan penampilan grup music Papua Original. [rah]

Komentar Pembaca
PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

Wagub DKI: Anak SMAN 68 Hebat!

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 15:00:00

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

Viral! Kantor Polisi Bersama RI-China

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00