Festival Meriam Karbit

Budaya  SELASA, 12 JUNI 2018 , 13:36:00 WIB | LAPORAN: MULYADI AR

Festival Meriam Karbit

Foto/Net

RMOLKalbar. DPP SEBAYU Kalimantan Barat yang rutin melaksanakan aksi sosial di bulan Ramadhan melanjutkan kegiatannya dengan memeriahkan hari kemenangan di malam Idul Fitri 1439 H dengan melaksanakan Festival Meriam Karbit.
Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan pemuda yang ada di Gang Kuantan jalan Imam Bonjol.

"Kegiatan ini dalam rangka menyambut dan merayakan hari kemenangan, yang mana kita telah sebulan penuh melaksanakan puasa Ramadhan melawan hawa nafsu," ujar Yusmayudi selaku Ketum DPP Sebayu Kalbar.

"Selain itu Meriam Karbit ini merupakan salah satu budaya yang perlu dilestarikan, tradisi permainan rakyat meriam karbit saat ini telah resmi menjadi warisan kesenian budaya Melayu Pontianak, dan sudah mendapat pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda," tambahnya.

Secara teknis, meriam karbit dibuat dari kayu bulat besar yang dibolongi di bagian tengahnya. Batang meriam karbit dari kayu sepanjang hingga 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter itu diikat dengan rotan.

"Dalam kegiatan ini Insya Allah akan dihadiri oleh Raja dan Sultan yang ada di wilayah Kalimantan Barat," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00