Jaga Masyarakat Selama Lebaran, Menkes Harus Standby

kesehatan  JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 04:36:00 WIB

Jaga Masyarakat Selama Lebaran, Menkes Harus Standby

Dede Yusuf/Net

RMOLKalbar. Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek untuk standby selama Lebaran nanti. Menkes juga harus bisa memastikan tidak kasus ada kekurangan obat dan kekurangan petugas kesehatan di tengah masyarakat.

Dalam rapat dengan Komisi IX beberapa waktu lalu, Menkes sudah menyatakan akan standby selama Lebaran nanti. Dede memegang komitmen ini. Dia pun berharap, Menkes dapat menggerakkan para petugas di lapangan untuk dapat melayani masyarakat dengan baik.

Para petugas kesehatan di lapangan, tambah Dede, harus senantiasa siap dan sigap. Mereka harus ada saat masyarakat membutuhkan dan mendistribusikan obat dengan baik. Sebab, saat Lebaran, umumnya banyak terjadi kecelakaan.

Dede juga meminta Kementerian Kesehatan menyediakan posko-posko kesehatan di setiap titik penting selama Lebaran nanti. Di antaranya di sepanjang jalur mudik dan di lokasi wisata yang sering diburu masyarakat selama libur Lebaran.

Yang terakhir, Dede meminta Menkes melakukan sosialisasi yang gencar ke masyarakat mengenai persiapan mudik. Misalnya, persediaan bekal makanan dan minuman. Hal ini penting untuk mengantisipasi kemacetan parah seperti yang terjadi dalam kasus Braxit dua tahun lalu.

Pemerintah harus memberikan imbauan ke masyarakat, jangan sampai dehidrasi. Jadi, harus membawa bekal makanan dan minuman yang memadai saat mudik,” tambahnya.

Menurut Dede, peluang kasus kemacetan parah di mudik tahun ini masih ada. Salah satu titik yang berpotensi macet parah adalah Tol Cipularangan.

Sebab, di hari biasa saja, masyarakat yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung membutuhkan waktu selama 7 jam akibat kena macet di jalur tersebut. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00