Ulama Palestina Berkunjung Ke Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Daerah  MINGGU, 20 MEI 2018 , 17:19:00 WIB | LAPORAN: MULYADI AR

Ulama Palestina Berkunjung Ke Masjid Raya Mujahidin Pontianak

Syekh Mahmoud Abdul Halim Askoul/RMOLKalbar

RMOLKalbar.  Syekh Mahmoud Abdul Halim Askoul memberikan tausiah dalam kuliah dhuha, majelis Qur'an di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu (20/5).
Syekh Mahmoud, didampingi penerjemah mengatakan kunjungannya ke Indonesia, tepatnya di Pontianak merupakan yang pertama kalinya. Ia mengapresiasi antusias umat muslim di Kalbar.

Dalam beberapa penyampaianya, Ulama yang masih berusia muda ini, menyampaikan beberapa keistimewaan Baitul Maqdis di Palestina.

Hal ini banyak sekali disebutkan didalam Al Quran dan Hadist tentang kedudukan Baitul Maqdis, sebagai tempat yang disucikan.

Dalam Al Quran surah Al Isra ayat pertama :

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambanya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran kami. Sesungguhnya dia adalah maha mendengar lagi maha melihat.”

Baitul Maqdis juga disebutkan para ulama menjadi tempa berkumpulnya dan dibangkitkanya manusia di hari kiamat. Syekh Mahmoud juga menyampaikan beberapa keistimewaan lainya dari Baitul Maqdis.

Keistimewaan kedudukan Baitul Maqdis inilah yang kemudian menjadikanya tempat istimewa, dihati umat Muslim dunia termasuk Indonesia.

Namun Palestina kondisinya saat ini, memperihatinkan lantaran dijajah oleh bangsa Israel. Selama ini meski umat Islam Palestin dalam kondisi terjajah, mereka tetap bersemangat, melaksanakan ibadah. Bahkan sudah tidak memiliki ayah ibu dan sanak keluarga. Mereka merasakan ketiadaan itu dalam kondisi serba kekurangan.

"Saat bulan Ramadan seperti saat ini meski serba kekurangan mereka tetap berusaha berbagi kurma dan makanan lain, demi kelangsungan hidup mereka dan ini contoh kecil keadaan di Masjid Al Aqsha,"  ujarnya.

Syeikh Mahmoud juga menyampaikan persoalan Palestin saat ini bukan hanya menjadi permasalahan Palestin tetapi persoalan dunia.

"Yang dibutuhkan Palestin saat ini selemah-lemahnya iman adalah doa bagi mereka.  Doa dari umat Islam di Indonesia," lanjutnya.

Namun apabila saudara muslim memiliki kemampuan maka, bantuan harta benda doa akan dibalas Allah SWT dengan sesuatu yang setimpal pula.

Usai penyampaian tausiah juga dilaksanakan penggalangam dana bagi saudara di Palestina. [rah]



Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00