Mengenal Arsitektur Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Budaya  MINGGU, 11 MARET 2018 , 16:38:00 WIB

Mengenal Arsitektur Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Foto/net

RMOLKalbar. Kebudayaan merupakan hasil dari olah rasa, karsa, cipta dari manusia. Sekelompok manusia yang disebut masyarakat menghasilkan kebudayaan tertentu yang menjadi salah satu ciri khas masyarakat tersebut. Corak kebudayaan masyarakat pada suatu wilayah dipengaruhi oleh keragaman suku bangsanya.
Semakin beragam suku bangsa semakin beragam pula kebudayaannya. Oleh karena itu, bangsa Indonesia yang terdiri atas beratus-ratus suku bangsa memiliki kebudayaan yang sangat kompleks. Kebudayaan ini merupakan potensi yang harus diberdayakan sebagai salah satu pemersatu bangsa.

Salah satu yang menunjukkan ciri khas sebuah daerah tertuang dari rumah tradisionalnya. Adapun suku Melayu di Kalimantan Barat ditunjukkan dari bentuk istana Kadriah. Bangunan ini sampai sekarang masih terawat dengan baik. Istana Kadriah merupakan tempat tinggal bagi para sultan dan keluarganya. Istana Kadriah dibangun pada tahun 1771 M. Bangunan ini hampir semuanya terbuat dari bahan kayu.

Rumah tradisional lainnya di Kalimantan Barat adalah Rumah tradisional Dayak yang disebut betang atau rumah panjang. Model rumah betang menjadi identitas arsitektur tradisional khas Kalimantan Barat. Rumah betang biasanya berada di hulu sungai yang menjadi pusat permukiman orang dayak.

Selain rumah tempat tinggal, suku dayak juga memiliki bangunan suci, disebut ulambu. Bangunan ulambu berbentuk kecil dan agak jauh dari rumah betang, yaitu berada di tengah hutan. Bagi orang Dayak, ulambu berguna sebagai tempat menyimpan mayat. Namun sebelum ditempatkan dalam ulambu, mayat dimasukkan ke dalam peti yang disebut lungun. Di dekat ulambu terdapat tonggak dari kayu belian yang berukiran motif manusia pada keempat sisinya. Tonggak tersebut disebut sandong dan boras. Gunanya untuk tempat mengubur tengkorak dari tulang belulang manusia yang telah mati. [rah]

Komentar Pembaca
Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00