Air Tahu Minuman Khas dari Pontianak

Lifestyle  KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 22:19:00 WIB

Air Tahu Minuman Khas dari Pontianak

Net

RMOL. Setiap daerah di nusantara memiliki daya tariknya masing-masing untuk dijadikan destinasi wisata. Selain alam dan budayanya, semua daerah dari ujung barat hingga timur memiliki makanan dan minuman khas yang menarik untuk dicicipi.
Kota Pontianak misalnya yang dikenal dengan minuman khas yakni air tahu. Beberapa orang mungkin mendengar kata ini sebagai limbah pada proses pembuatan tahu. Namun minuman khas Kota Pontianak ini merupakan minuman sehat dan layak konsumsi. Bagi wisatawan yang kebetulan berada di kota khatulistiwa ini, sebaiknya cicipi sedikit minuman khas tersebut.

Menjelajah Pontianak akan kurang lengkap, jika tidak mampir ke wisata kulinernya. Ada cukup banyak makanan atau pun minuman khas dari Pontianak yang menggugah selera. Salah satunya adalah air tahu yang hangat dan lezat. Tidak sulit untuk Anda menemukan tempat yang menjual minuman ini.  Seperti yang dijual di depan Matahari mall, depan Kaisar supermarket, dan depan BTN Gajahmada, di sekitar sekolah Kota Pontianak. Biasanya penjual minuman ini akan sangat sibuk saat jam istirahat dan saat pulang.

Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dari minuman tahu. Mungkin minuman tersebut menjadi terkenal karena memang masyarakat Pontianak kebanyakan menyukainya. Terdapat 3 varian air tahu yang banyak dijual di Kota Katulistiwa ini. Varian pertama adalah minuman tahu murni yang memiliki warna paling putih. Minuman tahu dengan warna super bersih dan putih merupakan varian yang cukup favorit.

Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan minuman tahu rasa yang lain. Anda bisa menikmati minuman tahu yang masih hangat. Saat hujan atau butuh konsentrasi, Anda dapat mencoba minum minuman khas Pontianak tersebut. Lezat dan bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan karena cuaca. Harga untuk minuman tahu ini pun cukup terjangkau.

Varian lain dari minuman tahu ini adalah yang dicampur dengan jahe. Warna minuman khas ini pun menjadi cenderung lebih gelap dari yang natura. Setelah ditambah dengan jahe, maka air tahu yang hangat akan semakin terasa hangat. Satu gelas atau satu porsi, porsi ini cukup murah. Minuman tahu dan jahe ini seperti membuat suasana menjadi lebih bersahabat. Minum minuman tradisional dari Pontianak memang cukup menarik.

Selain minuman teh yang original, ada minuman tahu yang dibuat berbeda dari bisanya. Khusus untuk Anda yang ingin menikmati waktu bersantai tanpa gangguan, sebaiknya cari minuman air tahu untuk menemani Anda menghabiskan waktu.

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa tahu yang terlalu kuat, bisa mencoba minuman yang ditambahkan dengan bahan lain. Misalnya saja saring kacang hijau yang kini sudah banyak digunakan di negeri. Minuman tahu dengan tambahan cita rasa kacang hijau bisa membantu anakprintar sekolah. Waktu berlalu begitu cepat, dan mungkin sesegera Anda bisa jalan-jalan ke Pontianak dan mencicipi tahu asli. Saring kacang ini bisa mengurangi rasa yang kuat dari tahu.

Bahan lain yang sering dimasukan dalam minuman tahu ini adalah tahu padat. Harga untuk satu porsi minuman tahu dan tahu padat ini cukup murah hanya sekitar 5 ribu. Varian minuman tahu yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang suka dengan tahu dan aromanya yang kuat. Tahu yang digunakan untuk isi dari minuman tahu adalah tahu putih dengan tekstur yang sangat lembut. Air tahu ditambah isi ini lezat bisa menjadi penghilang lapar dan dahaga.

Kota Pontianak tidak hanya memiliki minuman tahu tetapi juga memiliki beberapa minuman khas lain yang tidak kalah lezat. Seperti es shanghai, sari kacang, teh kembar, hingga liang teh. Minuman-minuman tersebut bisa menemani Anda dengan rasanya yang segar.  Minuman tahu ini sebaiknya masuk dalam daftar wisata kuliner Pontianak.  Minuman tahu Pisang yang diberi tepung roti dengan rasa yang cukup lembut ini harganya standar. [rah]



Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00