Kerjasama Harmonis Polda Kalbar-Kodam XII/Tanjungpura

Daerah  SELASA, 20 FEBRUARI 2018 , 22:54:00 WIB

Kerjasama Harmonis Polda Kalbar-Kodam XII/Tanjungpura

RMOLKalbar

RMOL. Acara Rapim Kodam XII/Tanjungpura tahun 2018 dihadiri Irjen Pol Didi Haryono yang berada dijalan Arteri Ali Anyang No.1, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, selasa (20/02).
Situasi Kamtibmas untuk wilayah hukum Polda Kalbar dan jajaran sampai saat ini dalam keadaan aman dan kondusif, ini merupakan hasil dari kerja sama antara TNI-POLRI yang ada di lapangan.

Jenderal bintang dua ini, merasa sangat bangga diberikan kehormatan oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, untuk memberikan pembekalan dalam Rapim Kodam ini.

Selaku anak tentara, kehadiran saya di tengah rekan-rekan semua seperti berada di tengah keluarga sendiri dan memang jika kita benar-benar menelaah TNI-POLRI sejatinya adalah keluarga besar dan memiliki garis sejarah yang tidak berbeda,” kata Irjen Pol Didi Haryono.

TNI-Polri lahir dari sebuah perjuangan Rakyat dan bangsa untuk merdeka dan dengan rupa-rupa nama pada jaman perjuangan kemerdekaan dahulu yang berdiri di sekitar negara yang merdeka pada 17 agustus 1945. Yang kita rasakan adalah kebanggaan yang tinggi terlahir sebagai bagian dari bhayangkari negara, pengawal negara,” lanjutnya.

"Di tengah dinamika politik, sosial budaya dan keamanan dalam negeri dewasa ini, TNI-POLRI dipercaya sebagai dua pilar sekaligus benteng NKRI yang berdiri kokoh. Banyak upaya dari musuh-musuh negara untuk menghancurkan NKRI, diantaranya dengan mencoba meruntuhkan dua pilar kuatnya. Mereka tidak akan pernah berhasil karena TNI-POLRI memiliki doktrin yang sama yaitu tegak lurus hanya untuk merah-putih dan NKRI," tegasnya.

Sebaik-baiknya praktik Bhinneka Tunggal Ika hanya tertuang dalam organisasi TNI-POLRI yang terakomodasi perbedaan suku, agama, ras, dan asal-usul.

Kita tidak pernah mempertanyakan dari suku atau agama apa seorang prajurit atau bhayangkara. Yang kita tahu adalah kita semua sama menjadi abdi utama bagi nusa dan bangsa. Bahkan untuk perwira, kita diajarkan untuk mengenal nusantara dengan penempatan tugas yang berpindah-pindah provinsi. Mengenal lebih banyak daerah dan saudara dari berbagai suku dan agama,” tutur Kapolda Kalbar.

Negara ini tetap kokoh berdiri hingga sekarang dan hingga kapanpun karena adanya keterpaduan tni-polri dalam menjaga pilar-pilar negara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam sapta marga, sumpah prajurit, 8 wajib TNI, dan 11 asas kepemimpinan yang dimiliki tni, sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tribrata dan catur prasetya yang di miliki Polri.
 
TNI-POLRI memiliki beberapa nilai-nilai luhur dan mendasar yaitu taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, setia pada NKRI, bertekad melindungi rakyat, menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Adapun tugas pokok dan peran TNI-POLRI berbeda, dimana TNI diberikan amanah untuk menjaga kedaulatan negara dan membina pertahanan negara, sementara POLRI dipercaya untuk memelihara kamtibmas, dan menegakkan hukum. Perbedaan tugas pokok, peran, dan wewenang yang telah di atur dalam masing-masing undang-undang itu untuk memperkuat keberadaan TNI-POLRI sebagai pilar negara.

Seperti sebuah sistem, kita menjadi saling melengkapi dan saling menguatkan karena memiliki tugas dan peran yang berbeda,” kata Kapolda.

"Di sinilah lahir konsep sinergi TNI-Polri karena hanya dengan memadukan dan menyelaraskan dua kekuatan dan dua kemampuan yang berbeda dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas, hasilnya jauh akan lebih baik," lanjutnya.

"Sinergi merupakan suatu proses berpikir dan bekerja sama dengan memberdayakan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing pihak, sinergi bukan meleburkan dua kekuatan atau lebih menjadi satu, sinergi lebih kepada memadukan, menyelaraskan, dan mengharmoniskan dua atau lebih kekuatan berbeda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas yang dihadapi bersama, demikian kurang lebih pemaknaan sinergi yang saya pahami," tukasnya. [rah]


Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00