Alex Noerdin Beberkan Alasan Palembang Jadi Tuan Rumah Asian Games

Ekbis  MINGGU, 28 JANUARI 2018 , 22:48:00 WIB

Alex Noerdin Beberkan Alasan Palembang Jadi Tuan Rumah Asian Games

RMOL

RMOL. Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin membeberkan alasan mengapa provinsi tempat dia memimpin bisa dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
Salah satu alasannya, menurut dia, karena Sumsel merupakan daerah zero konflik. Di Sumsel, tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama.

"Damai di sini, damai di Sumatera Selatan, damai di Palembang, bersatu padu menjaga kondusifitas Sumatera Selatan," tegas Alex seperti dikutip RMOLSumsel, Minggu (28/1).

Dia menegaskan, sampai saat ini pihaknya terus berupaya mensosialisasikan tentang manfaat dari pelaksanaan Asian Games.

"Di sosialisasi ini saya tegaskan bahwa kita tidak menggunakan dana APBD keseluruhan untuk Asian Games. APBD hanya digunakan untuk memancing dana dari luar seperti untuk pembebasan lahan. APBD Sumsel sebenarnya masih fokus pada program pembangunan lainnya seperti sekolah gratis dan berobat gratis," jelas Alex.

Dia berharap, sosialisasi Asian Games yang dilakukan terus menerus dapat meningkatkan pemahaman seluruh lapisan masyarakat Sumsel.

"Kalau orang yang mengerti dengan benar, pasti akan mengagumi tentang kelebihan yang luar biasa Pemerintah Provinsi Sumsel yakni mempromosikan daerah ke dunia internasional melalui penyelenggaraan Asian Games," ujar Alex.

Soal kesiapan venue olahraga Jakabaring, kata dia, tidak menggunakan dana APBD Sumsel. Semua pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games dibangun melalui dana dari luar seperti hibah, penyertaan modal negara serta bntuan dari pihak ketiga.

"Total keseluruhan sebanyak Rp68 Triliun lebih dana terserap untuk pembangunan semua fasilitas pendukung Asian Games," jelasnya.

"Seperti pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang yang dibangun dengan sangat cepat dan menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui betapa susahnya perjuangan di balik itu semua, seperti meyakinkan Presiden, Pemerintah Pusat dan pihak terkait lainnya bahwa LRT ini bukan hanya untuk Asian Games melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat dibidang transportasi," sambung Alex. [rah]

Komentar Pembaca
Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Gerindra Pastikan Anies Tidak Nyapres

Gerindra Pastikan Anies Tidak Nyapres

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 15:00:00

Pulang Dari Saudi, Rizieq Kunjungi Markas FPI

Pulang Dari Saudi, Rizieq Kunjungi Markas FPI

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00