Pemprov Kalbar Minta Perusahaan Bantu Pelaku UMKM Dengan CSR

Ekbis  KAMIS, 25 JANUARI 2018 , 20:20:00 WIB

Pemprov Kalbar Minta Perusahaan Bantu Pelaku UMKM Dengan CSR

ilustrasi

RMOL. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) meminta peran aktif perusahaan untuk membantu permodalan bagi pelaku UMKM melalui pemanfaatan dana CSR di sekitar kawasannya.
Demikian dikatakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Setda Kalimantan Barat Ana Ferdina di Pontianak, Kamis (25/1).

"Kami terus mendorong perusahaan untuk memanfaatkan dana CSR-nya sebagai bantuan permodalan usaha kecil menengah. Hal ini dilakukan karena mengingatkan permasalah utama yang dihadapi pelaku IKM ialah pada akses permodalan," kata Ana.

Kendati akses permodalan bisa didapat dari perbankan, menurut Anan, masih ada kendala yang dihadapi yakni pada agunan yang dijadikan jaminan untuk mendapatkan modal.

"Di Kalbar banyak perusahaan perkebunan dan mereka memiliki dana CSR dan tentu dengan dana itu bisa membantu pelaku IKM. Jika betul-betul diandalkan saya yakin bisa," tuturnya.

Ana mendorong itu lantaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah membuka akses pasar melalui Griya IKM. "Griya ini menjadi pasar kecil dan secara teknis di bawah naungan Disperindag," katanya.

Faktor lain yang melatarbelakangi Kalimantan Barat kaya akan sumber daya alam yang memiliki potensi jika menjadi produk olahan. Begitu juga dengan potensi sumber daya manusia.

"Sebenarnya mereka memiliki keinginan kuat, kekurangannya hanya pelatihan dan itu yang berperan Disperindag untuk memberikan pelatihan secara gratis," tukasnya.[rah]

Komentar Pembaca
MPR: Tetapkan Gempa Lombok Sebagai Bencana Nasional!
Plagiasi Video Aksi Jokowi

Plagiasi Video Aksi Jokowi

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 13:00:00

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00