SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Gelar Praktikum IPA/IPS Terpadu

Pendidikan  SELASA, 12 DESEMBER 2017 , 15:05:00 WIB

SMA Muhammadiyah 1 Pontianak Gelar Praktikum IPA/IPS Terpadu

Achmad Mupadir

RMOL. SMA Muhammadiyah 1 Pontianak menggelar kegiatan pratikum IPA/IPS terpadu guna menambah kemampuan siswa dan siswinya. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11-12 Desembar 2017 di BBIS Anjongan. Hal ini dilakukan dalam melakukan terobosan-terobosan pendidikan, baik pembelajaran formal maupun non formal.
Wakil Kepala Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1, Achmad Mupadir menjelaskan praktikum juga dalam rangka mempererat silaturahmi antara siswa dan guru, serta masyarakat. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta alam dan lingkungan bagi siswa.

"Materi praktek yang berikan di antaranya  tentang praktek pendalaman ke Islaman, praktek pembibitan ikan air tawar, dan praktek penjualan hasil budidaya perikanan berbasis  Ekonomi syariah," jelas Mupahir yang juga penanggung jawab program pratikum IPA/IPS terpadu kepada rmolkalbar, Selasa (12/12).

Sementara itu, Sekretaris pratikum IPA/IPS terpadu Evi Tri Prihatini menjelaskan, ini juga merupakan kegiatan tahunan. Dia berharap para siswa dan siswi dapat memahami cara pemeliharaan ikan yang baik serta pemasarannya, menambah wawasan tentang perencanaan pemeliharaan ikan dan menumbuh kembangkan sikap entreprencurship.

Selain itu dapat menentukan kadar pH dan uji kandungan lemak, protein pada ikan, mengklasifikasikan jenis tanaman, menentukan kadar radiasi matahari, mengamati lingkungan lokasi kegiatan, mengamati interaksi sosial masyarakat sekitar, mengamati topografi, kesuburan tanah dan kondisi air lingkungan sekitar, dan mengidentifikasi masalah-masalah pokok ekonomi yang terjadi didaerah sekitar.
 
"Agar kelak ketika mereka lulus dari sekolah mereka siswa SMA Muhammadiyah 1 Pontianak sudah siap bersaing, dan mampu menjawab tantangan era globalisasi," katanya. 

Sedangkan, Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, Deni Hamdani menekankan kepada seluruh siswa selalu mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada. "Agar siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Pontianak menjadi lulusan yang memberi kontribusi lebih terhadap dunia pendidikan dan siap untuk mengabdi kepada negara," tukas Deni.[wah]
 

Komentar Pembaca
MPR: Tetapkan Gempa Lombok Sebagai Bencana Nasional!
Plagiasi Video Aksi Jokowi

Plagiasi Video Aksi Jokowi

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 13:00:00

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

Konspirasi Hati RR dan WS Rendra

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00