Dukung Pariwisata Mempawah, Pemerintah Desa Mendalok Kembangkan Taman Mangrove Polaria

Pariwisata  JUM'AT, 17 NOVEMBER 2017 , 10:01:00 WIB | LAPORAN:

Dukung Pariwisata Mempawah, Pemerintah Desa Mendalok Kembangkan Taman Mangrove Polaria
RMOL. Pemerintah Desa Mendalok Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalbar, mengembangkan Taman Mangrove Polaria Tanjung Pagar. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung Pemkab Mempawah menggali potensi wisata daerah.
Objek wisata alam hutan mangrove (bakau) tersebut diresmikan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, mewkili Bupati Ria Norsan, Kamis (16/11).

Peresmian ditandai pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mempawah Erlina Ria Norsan, yang juga dihadiri sejumlah pejabat terkait Pemerintah Kabupaten Mempawah dan Pemerintah Kota Pontianak.

Kepala Desa Mendalok Ilham M. Amin mengungkapkan, salah satu inspirasi pembangunan Taman Mangrove Polaria Tanjung Pagar berawal dari kunjungan kerja yang dilakukannya di Probolinggo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Ide membangun taman mangrove ini berawal ketika saya diajak Pak Teddy Prawoto (pejabat Dinas BSBPL Kalimantan Barat) berkunjung ke salah satu tempat wisata hutan mangrove di Probolinggo. Dari sanalah inspirasi itu dimulai," kata Ilham dalam keterangan, Jumat (17/11).

Ilham melanjutkan, saat di Probolinggo, dirinya menyaksikan secara detail lokasi hingga pernak-pernik yang menghiasi taman mangrove sehingga menjadi daya tarik wisata. Sepulangnya dari Probolinggo, dirinya berinisiatif mewujudkan taman mangrove di Desa Mendalok, Kecamatan Sungai Kunyit.

"Setelah saya perhatikan, ternyata hutan mangrove yang ada di Desa Mendalok tidak kalah dengan di Probolinggo. Saya pun semakin termotivasi untuk mewujudkan konsep taman mangrove yang menarik untuk dikunjungi masyarakat."

Mewujudkan keinginan itu, Ilham pun mengumpulkan seluruh elemen masyarakat termasuk para pemuda di Desa Mendalok. Mulai dari perencanaan konsep hingga pengerjaan di lapangan, semuanya dibicarakan dan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa Mendalok.

"Alhamdulillah dengan menggunakan dana desa sebesar Rp 52 juta menjadi modal pembangunan taman mangrove. Kemudian untuk membangun fasilitas dan lainnya hingga Taman Mangrove Polaria Tanjung Pagar dapat terealisasi totalnya kurang lebih Rp 90 juta dana yang dihabiskan," kata dia.

Ilham mengharapkan ke depan ada peran aktif dan dukungan Pemkab Mempawah beserta seluruh elemen masyarakat lainnya. Dia berharap Taman Mangrove Polaria kekal dan dikenal masyarakat luas.

"Kami juga mengharapkan kerja sama dari rekan-rekan media untuk mempublikasikan kepada masyarakat tentang keberadaan Taman Mangrove Polaria ini," kata Ilham.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Ismail menyambut baik keberadaan Taman Mangrove Polaria Tanjung Pagar di Desa Mendalok. Mewakil Bupati Ria Norsan, ia menyebut keberadaan taman semakin menambah objek wisata alam di Kabupaten Mempawah. Ismail berpesan agar Taman Mangrove Polaria dikelola dengan baik.

"Sehingga taman mangrove ini tidak hanya menjadi objek wisata melainkan juga dapat mengedukasi pengunjungnya," kata dia.

Lebih jauh Ismail mengingatkan Pemerintah Desa Mendalok agar selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam mengembangkan Taman Mangrove Polaria. Hal tersebut, menurut dia, sangat penting agar keberadaan objek wisata alam terbaru ini dapat berkembang.

"Maksimalkan tiga fungsi taman wisata mangrove ini, yakni fungsi hutan, ekosistem, dan ekonomi," kata Ismail. [ipk]

Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

SBY Prabowo Tidak Bicara Politik Di RSPAD

RABU, 18 JULI 2018 , 19:00:00

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

Anies Pastikan Tak Maju Pilpres

RABU, 18 JULI 2018 , 15:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00