Pemkab Mempawah Berkomitmen Penuh Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Ekbis  KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 12:27:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Pemkab Mempawah Berkomitmen Penuh Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Net

RMOL. Dalam sejarah perekonomian nasional, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah membuktikan ketangguhannya. Dimana pada saat krisis moneter dan krisis global beberapa waktu lalu, para pelaku UMKM dapat bertahan dan tetap eksis dalam perekonomian nasional.
Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal, Koperasi UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah, Nurmala, dalam keterangan, Kamis (12/10).

Atas dasar itulah, Pemkab Mempawah berkomitmen penuh dalam upaya pengembangan perekonomian masyarakat, khususnya pada lingkup UMKM.

"Masyarakat menengah ke bawah adalah mayoritas merupakan pelaku ekonomi kita, yaitu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah," kata Nurmala.

Ditegaskan, pemerintah akan terus memfasilitasi para pelaku UMKM dalam merintis, membangun, dan mengembangkan usaha. Namun, di sisi lain, harus adanya sinergi antarpihak terkait. Selain itu, dari sisi pelaku usaha, juga harus ada kemauan, kemampuan, kesiapan sumber daya manusia, permodalan, dan kemitraan.

"Semuanya adalah faktor-faktor yang mendukung bagi pengembangan usaha agar pelaku UMKM diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan pelaku ekonomi lainnya."

Maka dari itu, pihaknya selalu memberikan pelatihan, dengan tujuan memotivasi dan memberikan wawasan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha agar kompetitif, baik dari segi produk maupun pelayanan.

Materi yang disampaikan, kata dia, soal promosi usaha dalam jaringan (online), keamanan pangan, perencanaan usaha, pengembangan usaha, promosi produk usaha, motivasi usaha, pinjaman modal usaha kemitraan, dan produk kredit dari Bank BNI.

"Pada pelatihan ini kami hadirkan narasumber dari PT Telkom, PT Bank BNI, Dinas Kesehatan Kabupaten, dan motivator usaha Bapak Yusdiansyah," kata dia. [ipk]

Komentar Pembaca
Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00