Pemkab Mempawah Gelar Pelatihan UKM

Ekbis  RABU, 11 OKTOBER 2017 , 10:01:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Pemkab Mempawah Gelar Pelatihan UKM

Net

RMOL. Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar pelatihan perencanaan, koordinasi, dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), di Wisma Chandramidi Mempawah, Selasa (10/10).
Pemkab Mempawah sendiri menggelar pelatihan agar perekonomian masyarakat dapat berkembang dan meningkat.

Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana saat membuka acara mengatakan, peran UMKM sangat strategis dalam menunjang kegiatan ekonomi nasional. Terutama untuk mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan antarsektor.

"Oleh karena itu, penguatan terhadap ekonomi skala kecil dan menengah menjadi prioritas menuju terciptanya fundamental ekonomi yang kokoh," kata dia dalam keterangan, Rabu (11/10).

Akan tetapi, dirinya menyadari jika dalam merealisasikan potensi besar tersebut, UMKM masih menghadapi banyak kendala baik internal maupun eksternal.

UMKM, kata dia, sejatinya punya potensi sangat besar. Hanya saja mengalami keterbatasan dalam mengembangkan kapasitas dan akses sumber daya produktif. Terdapat sejumlah masalah pokok. Di antaranya produktivitas yang rendah akibat rendahnya kualitas sumber daya manusia dalam manajemen organisasi, penguasaan teknologi, dan pemasaran. Masalah lain yakni keterbatasan akses permodalan.

"Keadaan itu bagi UMKM amat menyulitkan untuk meningkatkan kapasitas usaha ataupun mengembangkan produk-produk yang bersaing. Meski pemerintah telah memberikan solusi melalui kebijakan berbagai skim kredit murah dan mudah, namun hal itu sulit dijangkau UMKM," kata dia.

Kendala lain, Ramlana meneruskan, penguasaan teknologi manajemen informasi dan pasar yang relatif masih jauh dari memadai, sedangkan untuk memenuhi keperluan itu memerlukan biaya yang besar apalagi untuk dikelola secara mandiri oleh UMKM.

Ramlana mengatakan hambatan yang ada seharusnya dijadikan tantangan untuk maju. Menurut dia, antarpelaku usaha harus saling memperkuat guna meningkatkan daya saing dalam dunia usaha. Pemerintah daerah, ujarnya, dalam hal ini hanya bertindak sebagai fasilitator guna menciptakan stabilitas ekonomi dan pertumbuhan usaha yang kondusif.

"Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam membina usaha mikro, kecil, dan menengah adalah dengan memberikan pelatihan," kata dia.

Lebih jauh Ramlana meminta pelaku UMKM tidak hanya bergantung kepada pemerintah dalam hal permodalan. Sebab pemerintah punya keterbatasan anggaran untuk biaya pembangunan. Untuk membantu mengembangkan UMKM, Ramlana menyebut anggaran yang berasal dari dana tanggung jawab sosial perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). BUMN, kata dia, punya program kemitraan untuk membantu pengembangan usaha mikro dan kecil.

"Selain itu juga tersedia produk kredit yang telah diluncurkan pemerintah pusat, yaitu kredit usaha rakyat berbunga rendah yang dapat diajukan pada BUMN, Bank Kalbar, maupun bank swasta lainnya."

Menurut Ramlana, Kabupaten Mempawah punya banyak potensi. Karena itu, UMKM harus bisa menggali, memanfaatkan, dan mengembangkan potensi tersebut.

"Jika memungkinkan cari terobosan keluar daerah baik regional maupun nasional. Dan jika memungkinkan lagi bisa menembus pasar internasional atau ekspor," kata dia.

Secara khusus Ramlana juga meminta pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan produk yang dihasilkan.

Dalam kegiatan ini, 50 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah se-Kabupaten Mempawah ikut dalam pelatihan. [ipk]


Komentar Pembaca
Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00