Standar Nasional Penting Dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan  SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 15:06:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Standar Nasional Penting Dalam Dunia Pendidikan

Popong Otje Djundjunan/Net

RMOL. Komisi X DPR RI membentuk Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Panja SN Dikti). Pembentukan panja lantaran standar nasional ini sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Demikian dijelaskan Anggota Komisi X DPR, Popong Otje Djundjunan atau biasa dipanggil Ceu Popong saat rapat dengan beberapa rektor Pontianak, di Kantor Senat Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Jika tidak di tentukan standarnya, bagaimana kami bisa menilai setiap Universitas yang ada karena itu Panja harus bekerja dengan maksimal," kata Ceu Popong seperti dimuat dalam situs resmi DPR, Senin (2/10).

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan, Panja adalah amanah dari undang-undang tentang Pendidikan Tinggi. Dia mengaku pernah terlibat dalam penyusunan UU ini, sehingga harus melaksanakan amanah ini dengan baik.

"Untuk mendapatkan anak didik yang cerdas tentu tidak bisa instan dan perlu ada tahapan-tahapan yang harus di lalui. Perlu ada kunjungan kerja ke daerah-daerah untuk mendapatkan masukan serta bukti yang nyata."

Standar nasional ditentukan oleh para pelaku di dalam lingkungan pendidikan itu sendiri berdasarkan kriteria-kriterianya. Dan saat ini, sudah ada 14 pendidikan tinggi yang terakreditasi di Indonesia, dan yang paling banyak adalah Jawa Barat yaitu empat pendidikan tinggi.

Menurutnya, permasalahan itu hampir sama, yaitu soal SDM yang mumpuni. Di sisi lain juga harus memenuhi jumlah dosen dari PNS, sehingga tidak bisa leha-leha, harus ada gerakan bersama-sama dari legislatif dan eksekutif serta harus amanah kepada amanah undang-undang. [ipk]

Komentar Pembaca
Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

Korban Penggusuran Ragukan Janji Anies-Sandi

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 21:00:00

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

Anak Jenderal Pukul Anggota TNI AL?

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

Anies-Sandi Bakal Dapat Gelar Pembohong

JUM'AT, 13 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00