HUT KOTA PONTIANAK KE-246

Disdikbud Gelar Festival Saprahan

Pendidikan  SELASA, 26 SEPTEMBER 2017 , 18:31:00 WIB | LAPORAN:

Disdikbud Gelar Festival Saprahan

Istimewa

RMOL. Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pontianak yang ke-246, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pontianak menggelar Festival Saprahan tingkat SMP se-Pontianak, di Rumah Adat Melayu Jalan Sultan Syahril, Selasa (26/9).
Adapun Festival Saprahan yang mengakat tema "Bikin Pontianak Bangge", diikuti 23 peserta.

Menurut Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Zumiyati, festival tersebut merupakan upaya melestarikan , menggali, dan mengenalkan budaya Kota Pontianak. Sebab, lanjutnya, saat ini hanya orang-orang tua saja yang kenal akan festival itu.

"Kalau tidak kita kenalkan pada generasi muda, nantinya (Festival Saprahan) bisa hilang," kata dia dalam situs resmi pemkot.

Nantinya, akan ada kebijakan yang mengharuskan sekolah setingkat SLTP se-Kota Pontianak, baik itu sekolah negeri maupun swasta, mengikuti festival tersebut.

"Jadi, warisan budaya ini bisa terjaga melalui pelajar."

Festival Saprahan, kata Pj Sekda, lebih dari upaya pelestarian, budaya Saprahan memiliki makna besar dalam melestarikan sikap sosial masyarakat, yakni nilai-nilai kebersamaannya.

Saprahan, dalam adat istiadat melayu berasal dari kata "saprah" yang artinya berhampar, yakni budaya makan bersama dengan cara duduk lesehan atau bersila di atas lantai secara berkelompok yang terdiri dari enam orang dalam satu kelompoknya.

Dalam saprahan, semua hidangan makanan disusun secara teratur di atas kain saprah. Sedangkan peralatan dan perlengkapannya mencakup kain saprahan, piring makan, kobokan beserta serbet, mangkok nasi, mangkok lauk pauk, sendok nasi dan lauk serta gelas minuman.

Untuk menu hidangan diantaranya, nasi putih atau nasi kebuli, semur daging, sayur dalca, sayur paceri nanas/terong, selada, acar telur, sambal bawang dan sebagainya. Kemudian untuk minuman yang disajikan adalah air serbat berwarna merah. [ipk]

Komentar Pembaca
Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

Anti Kritik, Berhenti Saja Jadi Pejabat!

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Gerindra Pastikan Anies Tidak Nyapres

Gerindra Pastikan Anies Tidak Nyapres

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 15:00:00

Pulang Dari Saudi, Rizieq Kunjungi Markas FPI

Pulang Dari Saudi, Rizieq Kunjungi Markas FPI

JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00