Komunitas TB-HIV Aisyiyah Pontianak Gencar Sosialisasikan Bahaya Penyakit Menular

Kesehatan  SABTU, 16 SEPTEMBER 2017 , 20:06:00 WIB | LAPORAN:

Komunitas TB-HIV Aisyiyah Pontianak Gencar Sosialisasikan Bahaya Penyakit Menular

Foto: Repro

RMOL. Komunitas TB-HIV Sub Sub Recipient (SSR) TB Care 'Aisyiyah Kota Pontianak, yang telah resmi beroperasi sejak 1 Januari lalu, tanpa kenal lelah terus mensosialisasikan soal bahayanya penyakit menular.
Mereka pun menggelar "Workshop Advokasi Komunitas" bagi LSM/Komunitas TB-HIV, untuk melakukan advokasi kebijakan kepada stakeholder di tingkat Kota Pontianak. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, sejak 14-16 September 2017, di salah satu Resto, di kawasan Jalan Jenderal A Yani, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Pontianak, Wida Kuswida Bhakti dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya peran aktiv dari LSM/Komunitas TB-HIV, diharap dapat menekan tingginya penyakit menular di Kota Pontianak.

"Peran LSM/Komunitas TB-HIV sangat diperlukan, untuk komunikasi dengan stakeholder sehingga tercipta persamaan presepsi dan kerja sama yang dalam menekan penyakit menular," kata Wida.

Sementara Koordianator Program SSR Kota Pontianak, Julni Rhamawan mengatakan, tugas kader adalah mencari orang yang terduga Tuberkulosis, kemudian diperikasa dahaknya.

"Jika hasil pemeriksaan dahak tersebut positif, maka pasien tersebut harus berobat sampai sembuh," kata Julni Rhamawan di lokasi yang sama.

Disampaikannya, selama bulan September ini, kegiatan SSR Asiyiyah Kota Pontianak lebih kepada advokasi dan komunikasi pada stakeholder.

Rencanya, kata dia, pihaknya akan melalukan auidiensi dengan Eksekutif dan Legeslatif yang ada di Kota pontianak.

"Dengan auidiensi diharap adanya sinergitas antara Komunitas TB-HIV dengan Eksekutif dan Legeslatif, sehingga lahir kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung kegiatan penanggulangan TB-HIV di Kota Pontianak," kata Julni.

Sekedar informasi, saat ini, SSR Kota Pontianak memiliki 48 kader, yang tersebar di 6 Kecamatan, di Kota Pontianak. [ipk]

Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Zumi Zola Siap Diperiksa KPK

Zumi Zola Siap Diperiksa KPK

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 15:00:00

22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda

22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00