Cornelis: Pengelola Keuangan Harus Orang Profesional

Politik  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 16:07:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Cornelis: Pengelola Keuangan Harus Orang Profesional

Cornelis/Pemprov Kalbar

RMOL. Pada Era reformasi dan demokrasi saat ini, kesadaran masyarakat agar Keuangan Negara dikelola secara akuntabel, transparan, bebas dari penyelewengan dan penyalagunaan semakin tinggi.
Maka dari itu, pengelolaan keuangan negara harus mengikuti ketentuan serta menghasilkan output, dan memberi manfaat bagi masyarakat dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9).

"Pengelola keuangan harus orang-orang yang berkompeten, profesional, serta sesuai dengan azas-azas tata kelola dengan baik," kata Gubernur Kalbar, dalam keterangan kepada wartawan.

Ditambahkan Cornelis, Pemprov Kalbar telah beberapa kali menerima penghargaan WTP dari Pusat. Hal tersebut, kata dia, bukti kalau pemerintahannya betul-betul dapat melaksanakan serta mengelola keuangan negara dengan baik, sesusi prosudur dan aturan yang berlaku.

"Pemprov Kalbar akan tetap berkomitmen, dalam melakukan dan melaksanakan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan," kata Cornelis.

Rakernas sendiri dibuka Presiden RI, Joko Widodo. Presiden pada kesempatan itu menekankan soal simplifikasi pembuatan laporan. Hal itu bertujuan agar hasil kerja masing-masing kepala daerah lebih terlihat, ketimbang hanya laporannya saja.

"Berorientasi pada hasil, bukan pada prosedur," kata Presiden Jokowi.

Dalam Rakernas hadiri sejumlah kepala daerah dari seluruh Indonesia, dan pimpinan kementerian/lembaga, serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Rizal Ramli Puji Pernikahan Kahiyang Bobby

Rizal Ramli Puji Pernikahan Kahiyang Bobby

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00