Pemkab Mempawah Lakukan Persiapan Jelang Kedatangan Presiden

Ragam  SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 12:08:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Pemkab Mempawah Lakukan Persiapan Jelang Kedatangan Presiden

Gusti Ramlana/Net

RMOL. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan orang nomor wahid di Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).
Persiapan dilakukan setelah Tim Sekretaris Kabinet berkunjung ke Mempawah, dan melakukan pertemuan dengan Pemda serta masyarakat, kemarin siang, di Aula Kantor Bupati Mempawah.

Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana mengatakan, kedatangan Jokowi untuk melaksanakan ground breaking pelabuhan terminal kijing di Sungai Kunyit, Mempawah, Kalimantan Bara (Kalbar), Sabtu (23/9).

Semua pihaknya, kata dia, sangat berharap ground breaking tersebut dapat segera dilaksanakan oleh Presiden. Sehingga pembangunan dapat dimulai.

"Semakin cepat ground breaking, maka semakin baik pula untuk kelancaran pembangunan pelabuhan kijing," kata Ramlana dalam ketarangan kepada wartawan, Sabtu (9/9).

Saat ini, imbuh Ramlana, tim BPN sedang melakukan proses inventarisasi, pemasangan patok tanah dan pengukuran lahan.

Setelah semuanya tahapan selesai, maka tim appraisal akan turun kelapangan untuk menilai harga jual tanah dan objek bangunan yang ada di atas lahan pembangunan pelabuhan.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias. Mereka telah menyerahkan lahannya untuk dibangun pelabuhan. Untuk lahan awal ini yang dibutuhkan sekitar 7, 5 ha. Selebihnya akan menyusul hingga memenuhi pembebasan tahap awal 200 ha," kata dia.

Diketahui, Pelabuhan Kijing menjadi salah satu proyek strategis nasional karena menjadi pelabuhan pertama di Kalimantan yang berstandar internasional dan berkapasitas besar hingga mencapai sekitar 2 juta TEUs.

Pelabuhan yang terletak di posisi strategis itu ditargetkan bisa beroperasi 2019 untuk tahap pertama.

Pemerintah sendiri telah menunjuk Pelindo II untuk membangun Pelabuhan Kijing dengan pertimbangan, pelabuhan di Kalbar itu merupakan salah satu proyek strategis nasional yang perlu segera dilakukan percepatan pembangunan dan pengoperasiannya melalui penugasan BUMN. [ipk]


Komentar Pembaca
Kesehatan Setnov Belum Stabil

Kesehatan Setnov Belum Stabil

JUM'AT, 22 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 21:00:00

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 17:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00