Karnaval Pancasila di Entikong Berlangsung Meriah

Ragam  SABTU, 26 AGUSTUS 2017 , 01:09:00 WIB | LAPORAN:

Karnaval Pancasila di Entikong Berlangsung Meriah
RMOL. Kegiatan 'Karnaval Pancasila' yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Entikong berlangsung meriah.
Anak-anak, remaja hingga orang dewasa dengan penuh semangat mengikuti kegiatan yang diselenggrakan oleh Forum Peduli Ibu Pertiwi (FPIP) Koordinator Wilayah Sanggau bekerjasama dengan Panitia HUT ke-72 RI dan Radio Republik Indonesia (RRI) Entikong ini.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan kebersamaan dalam keberagaman guna menjaga kedaulatan NKRI," kata FPIP Korwil Sanggau Baskoro kepada wartawan, Jumat (26/8).

Karnaval dilaksanakan Jumat siang, dimulai pukul 14.00 WIB dengan titik start Rumah Pintar dan berakhir di lapangan bola Entikong. Panitia menyiapkan hadiah berupa tropy, piagam dan uang pembinaan dan door price untuk peserta karnaval yang terpilih. Khusus untuk peserta anak-anak, panitia menyiapkan perlengkapan sekolah.

Menurut Baskoro kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat dan mencegah intoleransi di Entikong yang merupakan wilayah perbatasan.

"Harapan kami dengan kegiatan ini dapat memupuk rasa nasionalisme masyarakat perbatasan, dan mereka tetap terjaga keberagamannya," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia HUT ke-72 RI Entikong Iptu Eeng berharap, seluruh rangkaian pertandingan dan permainan rakyat yang diselenggarakan dalam rangka memperingati kemerdekaan bisa menghibur masyarakat. Perayaan Hari Kemerdekaan di Entikong berlangsung dari tanggal 10- 26 Agustus 2017. Adapun malam puncak peringatan akan diisi hiburan band dari ibukota.

Iptu Eeng yang juga Wakapolsek Entikong mengajak seluruh masyarakat Entikong memupuk terus rasa persatuan dan kesatuan.

"Pelihara keberagaman, sedikit bicara dan banyak bekerja," kata dia.

Tokoh pemuda Entikong Joko Witono menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan HUT ke- 72 RI, terkhusu kegiatan Karnaval Pancasila. Dia berharap kegiatan Karnaval Pancasila dapat menangkal isu negatif terkait kebhinekaan yang akhir-akhir ini marak.

Namun ia bersyukur masyarakat di perbatasan Entikong hingga kini sangat menghargai dan memahami arti pentingnya kebhinekaan sehingga isu yang berkembang di luar Entikong tidak berpengaruh ke daerah mereka.

"Intinya di perbatasan oke dan tidak akan terpengaruh dengan isu di luar. Kegiatan ini menurut saya sangat bagus dalam rangka mengeratkan lagi persatuan dan kesatuan di perbatasan karena di perbatasan ini ada motonya: Siapapun, dari manapun, agama apapun silakan menjadi warga Entikong yang baik," pungkas Ketu LSM Bhakti Negeri Entikong ini.[dem]

Komentar Pembaca
Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

Surya Paloh Tidak Menegakkan UU Pers

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00