6 Cara Sederhana untuk Meminimalisir Mabuk Udara

Kesehatan  SENIN, 06 JUNI 2016 , 22:11:00 WIB

6 Cara Sederhana untuk Meminimalisir Mabuk Udara

Ilustrasi/Net

Siapa yang tidak senang mendapatkan tiket promo yang murah meriah dari situs travel online terkemuka seperti halnya Traveloka? Tentu aja Anda akan sangat girang sekali ya, budget yang dipergunakan untuk akomodasi bisa dihemat sedemikian rupa. Apalagi Anda juga mendapatkan maskapai penerbangan yang gencar memberikan promo setiap harinya seperti halnya Lion Air. Sisa uang yang dipergunakan untuk biaya transportasi bisa untuk keperluan yang lainnya.
Namun terkadang karena euphoria yang terlalu berlebihan Anda malah mabuk udara saat sedang diperjalanan. Setiap orang memiliki kondisi fisik yang tidak sama, akibatnya saat melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat, ada yang mengalami mabuk udara dan ada juga yang tidak. Tidak perlu bingung jika Anda mengalami mabuk udara. Ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut.

Minum Obat Anti Mabuk

Daripada mengobati lebih baik mencegah bukan? Nah, kalau begitu Anda perlu untuk mengosumsi obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Untuk menjaga keamanan kesehatan Anda, lebih baik mintalah resep dokter sebelum membeli obat anti mabuk. Ini karena banyak sekali obat anti mabuk yang beredar di pasaran dan belum jelas bagaimana efek sampingnya. Obat anti mabuk sendiri memiliki beragam fungsi, mulai dari mengurangi mual, menekan rasa pusing sampai dengan mengendalikan kecemasan. Pilihlah obat sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter agar tidak menimbulkan dampak buruk nantinya.

Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat


Mabuk udara bisa terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuh sedang tidak stabil. Oleh sebab itu, untuk menjaga tubuh Anda tetap dalam kondisi yang sangat fit saat melakukan penerbangan jarak jauh adalah dengan tidur yang cukup sebelum hari keberangkatan. Usahakan untuk tidur 6-8 jam, hal ini mengurangi resiko mabuk udara. Selain istirahat yang cukup, Anda perlu mengosumsi makanan sehat dan sedikit melakukan olahraga agar sistem immune tubuh jadi kebal terhadap berbagai gangguan.

Konsumsi Pemen Jahe atau Jahe

Jahe terbukti bisa meredakan mabuk udara, oleh sebab itu Anda bisa mengunyahnya saat akan merasakan tubuh dalam kondisi yang kurang fit. Selain bisa mengurangi gejala mabuk udara, jahe ini juga akan membuat rasa mual menjadi sedikit berkurang. Jika tidak suka dengan permen jahe, sebelum berangkat Anda bisa membuat teh jahe hangat untuk diminum saat diperjalanan. Selain mengurangi rasa mual di tubuh, teh jahe hangat ini juga mengembalikan stamina dengan cepat.

Pilihlah Tempat Duduk yang Tepat


Bagi Anda yang sudah berkali-kali mengalami mabuk udara, pilihlah tempat duduk yang berada di dekat jendela. Pemandangan di luar jendela yang indah ini akan meminimalisir gejala mabuk udara yang Anda derita. Selain memilih yang berada di dekat jendela, Anda juga bisa memilih tempat duduk yang minim goncangan. Bagian pesawat yang minim goncangan berada di bagian depan, oleh karena itu pesanlah kepada maskapai penerbangan Anda misalnya Lion Air tempat duduk yang sesuai dengan yang diinginkan.

Hindari Aroma-Aroma yang Menyengat

Saat kondisi tubuh menurun banyak hal yang akan memperparahnya. Seperti halnya dengan aroma-aroma wewangian yang sangat menyengat akan membuat diri menjadi mual seketika. Daripada menghirup wewangian, Anda bisa membawa minyak angin ataupun juga aromaterapi yang akan mengurangsi rasa mual yang sedang diderita. Tidak hanya bau wewangian yang menyengat saja yang perlu untuk dihindari, bau busuk pun juga. Selalu bawa sapu tangan Anda ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat ya.

Hindari Makanan yang Berat


Satu hal lagi yang perlu untuk Anda lakukan untuk meminimalisir mabuk udara adalah menghindari mengosumsi makanan berat. Makanan berat berlemak, memiliki bumbu yang banyak dan juga berminyak sangat bisa memicu terjadinya mabuk udara. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang ringan saja seperti buah ataupun juga sayuran. Ditambah lagi, pilihlah kudapan yang segar dan ringan saat berada di dalam pesawat ya.

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya mabuk udara. Yang paling penting terapkan pola hidup sehat sebelum melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan pesawat terbang agar stamina tidak terkuras habis. Jika mabuk udara terus menerus dibiarkan, liburan yang tadinya menyenangkan jadi berantakan dan tidak menggairahkan. [***]

Komentar Pembaca
Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

Lawatan Rizal Ramli Di Maluku Utara

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 17:00:00

Zumi Zola Siap Diperiksa KPK

Zumi Zola Siap Diperiksa KPK

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 15:00:00

22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda

22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda

SABTU, 02 DESEMBER 2017 , 13:00:00

Pameran Wisata

Pameran Wisata

JUM'AT, 05 AGUSTUS 2016 , 15:25:00

Salam Komando

Salam Komando

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 18:24:00

Bintang Persahabatan

Bintang Persahabatan

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 13:32:00